Categories
Bali

Taman Ujung Bali, Informasi, Sejarah & Tiket Masuk

Taman Ujung Bali merupakan kolam air raksasa yang ada di daerah Karangasem, ini merupakan salah satu destinasi yang favorit di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dengan area taman yang sangat luas kalian bisa menjelajah ke setiap bangunan-bangunan yang ada, hanya sekedar penasaran atau-pun melakukan foto-foto sebagai kenangan liburan di Bali.

Perlu kalian ketahui, menurut sejarahnya Taman Ujung di bangun oleh Raja Karangasem yang bernama I Gusti Bagus Jelantik. Taman ini dibangun tepatnya pada tahun 1901 dengan nama Kolam Dirah.

Kolam Dirah berarti kolam tempat pembuangan bagi orang yang menguasai ilmu hitam.

Pada tahun 1909 Raja Karangasem kemudian memanggil 2 orang arsitektur dari belanda dan Tiongkok untuk mengembangkan Kolam Dirah menjadi tempat peristirahatan Raja Karangasem.

Selain arsitektur dari luar, pembangunan Taman Ujung juga di bantu oleh arsitektur Orang Bali yang berasal dari Kerajaan Karangasem.

Pembangunan Taman Ujung berakhir pada tahun 1921, dengan bangunan terakhir yang dibuat adalah tempat bersemadi yang digunakan oleh Raja Karangasem.


Taman Ujung Bali
Pict by @agnes_rin & @im_sleep0

4 Hal menarik yang bisa ditemukan di Taman Ujung

Ada beberapa hal-hal menarik yang bisa Kalian temukan di Taman Ujung, yaitu :

1. Belajar Sejarah

Bagi Kalian yang ingin mempelajari sejarah tentang Kerajaan Karangasem. Taman Ujung adalah tempat yang tepat,
karena di Taman Ujung terdapat sebuah bangunan Museum yang didalamnya berisi foto-foto peninggalan sejarah Kerajaan Karangasem.

2. Perahu Bebek

Dimana didalam kolam Kalian bisa menyewa sebuah Perahu Bebek yang dapat menampung penumpang sebanyak 4 Orang, dan untuk biayanya bisa Kalian tanyakan langsung ke-Penyewa perahu tersebut.

[relatedpost num=”3″ cat=”bali”]

3. Sebagai Tempat Prewedding

Taman Ujung sudah sering dijadikan tempat untuk pasangan pengantin sebagai salah satu tujuan untuk mengabadikan momen pernikahan mereka. Dimana akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.000.000 (harga dapat berubah sewaktu-waktu) untuk melakukan sesi foto disana.

4. Memberi Makan Ikan

Kalian juga bisa memberi makan ikan yang ada di kolam, dengan cara membeli terlebih dahulu makanan yang telah disediakan di tempat wisata tersebut.


Taman Ujung Karangasem
Pict by @chanoda__

Tiket Masuk & Alamat Taman Ujung

Biaya tiket masuk ke-Taman Ujung terbilang murah, Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp. 15.000/domestik (WNA Rp.50.000), dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000/Mobil.

Lokasi Taman Ujung beralamatkan di Jl. Taman Ujung, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80811

Jika Kalian ingin menggunakan Google Maps, Kalian bisa klik tautan berikut : Lokasi Maps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *