Categories
Bali

Lokasi & Tiket Masuk Banyumala Twin Waterfall Ulasan Lengkap

Hallo para travelers, sudah lama nih Bli Made ga ada kabar. Nah kini bli kembali lagi hadir untuk menceritakan hasil review kunjungan ke salah satu air terjun yang ada di daerah wanagiri bali, air terjun tersebut bernama Banyumala Twin Waterfall.

Sebelum ke ulasan, bli akan sedikit bercerita mengapa bisa sampai mengunjungi air terjun satu ini. Bermula dari ada pekerjaan foto yang dimana client bli sendiri meminta untuk melakukan sesi foto di kawasan bedugul, rute yang mereka pilih ialah Handara Gate, Banyumala Twin Waterfall, & Wanagiri Hidden Hill (klien bli terdiri dari 3 travelers cantik yang sedang berlibur di bali).

Handara Gate
Handara Gate

Sesi foto dimulai pada pukul 8.30 di handara gate, yang kemudian dilanjutkan menuju ke spot air terjun banyumala. Pada spot air terjun ini ternyata matahari sudah terbilang cukup terik sehingga bayangan yang muncul sangat terlihat jelas (kebetulan cuaca sedang sangat cerah), kemudian bli sendiri mencoba untuk menggunakan flash, namun tetap saja hasil foto yang di dapatkan tidak semaksimal di pagi hari singkat cerita sesi foto sudah berakhir.

Merasa tertentang untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal, beberapa hari kemudian bli sendiri mencoba datang lagi ke air terjun banyumala untuk mengambil sebuah foto. Pada kala itu bli sendiri tiba di lokasi pada pukul 4 sore hari, dimana bli berangkat sekitar jam 2 siang (2 jam perjalanan menggunakan motor) ditambah berjalan menuju spot air terjun sekitar 15 menitan.

Oh iya sekedar tips nih, bagi kamu yang memiliki masalah pada bagian kaki tempat ini kurang rekomen untuk di kunjungi. Ini dikarenakan kamu harus berjalan cukup jauh agar bisa sampai di spot air terjun, diawali dengan berjalan kaki di jalan setapak sampai menemui loket, kemudian di lanjutkan menuruni anak tangga yang agak panjang.

Oke lanjut cerita, disini bli mulai mengambil beberapa jepretan foto dan foto yang kalian lihat pada artikel ini adalah hasilnya. Tak terasa asik mengambil foto jam sudah berada di waktu 5 sore, sehingga bli kemudian bergegas untuk naik keatas dan menyudahi untuk mengambil foto.

Pada awalnya kenapa jam 5 bergegas naik, ini agar sewaktu balik menuju ke denpasar jam 6 sore sudah tidak di daerah wanagiri lagi. Apa daya ternyata perut berkata tidak, ternyata bli dan partner merasa kelaparan sehingga harus berhenti sejenak di tempat makan dekat jalan wanagiri.

Singkat cerita selesai makan tak terasa jam sudah berada pada 6.30 sore hari, suhu udara mulai mendingin (ciri khas daerah pegunungan), alhasil bli sendiri mengendarai motor dengan sangat pelan sembari menahan dinginnya malam udara pegunungan dan sampai di Denpasar sekitar jam 8.30 malam.

Harga Tiket Masuk Banyumala Twin Waterfall

Bagi kamu yang sudah bosen ngebaca ocehan bli dari tadi, nah disini ada info penting nih. Harga tiket masuk untuk ke air terjun akan dikenakan biaya sebesar Rp.20.000/orang (lokal) dan Rp.30.000/orang (turis asing). Untuk biaya parkir kendaraan roda dua dikenakan sebesar Rp.2.000/motor.

Jika kamu membaca secara keseluruhan, diatas bli ada membahas tentang rute yang di tempuh. Nah ketika kamu balik dari lokasi dan merasa capek untuk berjalan menuju parkiran, pihak pengelola destinasi wisata ini menyedian service tambahan yaitu taxi motor, dimana kamu dapat menyewanya dengan harga sebesar Rp.25.000/orang.

Lokasi Air Terjun Banyumala Twin Waterfall

Berbicara tentang lokasi, air terjun ini cukup mudah untuk ditemukan. Namun kendala yang ada adalah jaraknya yang cukup jauh dari kota Denpasar, apalagi kamu menginap di hotel yang berada dekat bandara.

Berlokasikan di Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali atau lebih mudahnya kamu bisa menggunakan google maps dengan mengikuti tautan berikut: Petunjuk Arah Banyumala Waterfall.

Opini/pendapat dari Bli Made

Untuk air terjun nya terbilang cukup memuaskan dengan lelahnya menuju ke lokasi, namun mungkin pengelola tempat ini bisa memindahkan lokasi parkir untuk motor berada langsung dekat dengan loket, sehingga dapat memangkas jalan yang di tempuh menuju lokasi air terjun meskipun harus menghilangkan layanan taxi motor mereka (ini hanya opini/pendapat saja), bisa saja terdapat beberapa faktor yang dipertimbangkan sehingga menggunakan mekanisme seperti saat ini.

Banyumala Twin Waterfall Bali
Banyumala Twin Waterfall Bali

Penutup

Jadi gimana nih gengs, tertarik ga ke tempat wisata di bali yang satu ini? Jawab pada kolom komentar ya. Sekalian juga mau pamit nih, sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya ya.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat bagi kamu, bantu bli untuk menyebarkan informasi ini ke jejaring social media milik kalian ya gengs. Agar lebih banyak lagi teman kamu yang tau informasi tempat wisata ini atau bisa dijadikan kode ke si doi yang hobi traveling.

Akhir kata bli ucapkan,
Selamat berlibur.

[relatedpost num=”3″ cat=”Bali”]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *